Sabtu, 29 Desember 2012

Bab VII IAD dan Teknologi Masa Depan Sehubungan dengan Kelangsungan Makhluk Hidup



BAB VII
IAD dan Teknologi Masa Depan Sehubungan dengan Kelangsungan Makhluk Hidup
Pencarian Sumber Daya Alam Nonkonvensional
Pencarian sumber daya alam nonkovensional yang hangat pada saat ini ialah pemanfaatanenergi Matahari, energi panas bumi, energi angin, dan energi biogas.

1.         Energi Matahari Sebagaimana kita ketahui bahwa Matahari merupakan sumber energi yang tidak    dapat habis. Pemanfaatan energi matahari sebenarnya telah kita lakukan misalnya untukmengeringkan bemacam-macam jemuran. kita harus dapat mencari teknik mengubah energy listrik menjadi energi lain, misalnya menjadi energi listrik.Listrik dapat timbul dari cahaya Matahari bila energi matahari itu dapat mempengaruhi atom. Sehubungan dengan susunan atom unsur dan pembangkit listrik tenaga nuklir, bahwa atom itu terdiri atas inti atom dan kulit atom. Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan listrik positif dan netron yang tidak bermuatan listrik, sedangkan kulit atom terdiri darielekrton yang bermuatan listrik negatif yang bergerak mengelilingi inti atom itu. Perlu di lanjutkan teori atom itu yaitu bahwa jumlah elektron dalam sebuah atom sama dengan jumlah protonnya sehingga atom itu bermuatan listrik netral. dalam keadaan demikian, atomitu stabil. Namun bila terdapat energi tambahan, maka akan terganggu kestabilannya sebab elektron-elektron menjadi kelebihan energi. Bila kedua unsur yang cenderung positif (X) dan cenderung negatif (Y) kita dekatkan kemudian dipanaskan, maka akan terjadi aliran elektrondari unsur X ke Y. Aliran electron itu dinamakan listrik. Prinsip inilah yang digunakan untuk membuat fotosel atau sel pembangkit listrik dengan bersumber dari foto dan cahaya. Boron mempunyai sifat cenderung melepaskan untuk menerima elektron lebih banyak. Sebaliknya,silicon bersifat sebagai semi konduktor, artinya hanya dapat menghantarkan arus listrik kesatu arah.Pengubahan energy cahaya menjadi energy listrik mempunyai prospek yang baik karena energy listrik yang terbentuk itu dapat diubah bentuknya sesuai dengan keperluan. Energy listrik dapat disimpan dalam
accumulator 
, yang setiap saat dapat dimanfaatkan kembali.Energy matahari dapat diubah menjadi energy panas yang dapat digunakan dalam bentuk kompor yang berprinsip sebagai berikut. Cahaya Matahari ditampung dengan sebuah cermin cekung yang bergaris tengah 3m. Dengan cermin cekung itu, Matahari akan terkumpul dalam satu titik api. Pada titik api tersebut, diletakan suatu lempengan logam, maka lempengan itu akan menjadi panas. Selanjutnya diatas lempengan itu dapat diletakan ceret untuk memasak air.


2.         Energi Panas Bumi Energy geothermal atau energy panas bumi adalah energy yang berasal dari inti bumi. Inti bumi merupakan bahan yang terdiri atas berbagai jenis logam dan batu yang berbentuk cair yang memiliki suhu tinggi.Energy geothermal yang dapat kita manfaatkan saat ini ialah panas bumi yang berasal dari
magma
. Magma adalah batuan cair atau panas yang terdapat dalam kerak bumi. Bila magma sampai ke permukaan bumi, maka di sebut lava. Lava inilah yang membentuk gunung-gunung itu dibedakan menjadi gunung yang aktif dan gunung yang tidak aktif. Gunung yang aktif disebut gunung berapi, yaitu gunung yang mulutnya berhubungan dengan magma.Pada dataran tinggi yang mempunyai gunung berapi, biasanya terdapat sumber-sumber air panas atau semburan-semburan ke atas permukaan bumi yang disebut
geyser.
Apa yang keluardari pemboran itu dapat berupa gas uap air panas atau air panas, tergantung dari letaknya.
 Bila yang menyembur keluar itu uap air panas, adalah sangat menguntungkan karena dapat memutar turbin uap. Turbin ini dikaitkan dengan generator pembangkit listrik. Dengan begitu kita akan memperoleh energy listrik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.Namun, jika yang keluar adalah air dilakukan panas, penggunaan untuk pembangkit listrik tidak dapat secara langsung.

3.         Energi Angin Udara yang bergerak disebut angin dan dapat terjadi karena perbedaan tekanan di suatu tempat dengan tempat yang lain. Pemanfaatan angin merupakan salah satu cara menghemat  energy yang berasal dari minyak bumi.Energy angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi energy listrik yang prinsipnya sangat sederhana, yaitu angin “ditangkap” oleh baling-baling atau katakanlah rotor bersayap.Energy putaran (energy mekanis) diteruskan untuk memutar generator pembangkit listrik.Angin akan tetap bertiup sepanjang zaman, maka angin juga merupakan salah satu energy alternative pengganti minyak.

4.         Energi Pasang Surut Energy pasang surut adalah energy yang bersumber dari tenaga yang di timbulkan oleh daya tarik antara bumi dengan bulan. Energy pasang surut tidak ada batasnya, selama bulan masih berfungsi sebagai satelit yang mengelilingi bumi.

5.         Energi Biogas, Biogas adalah gas yang dihasilkan dari sisa-sisa makhluk berupa sampah pertanian ,yaitu batang pohon jagung,jerami,sisa ampas kelapa,atau tumbuhan lain.sebagian bahan yang mengadung mikroba pengurai di gunakan kotoran sapi.Gas itu dapat di naikan mutunya dan di hilangkan baunya yang di bubuhi sedikit kapur,dengan pencucian itu bau gas yang tidak enak menjadi hilang dan Gas C0 yang tidak bergunauntuk bahan bakar di serap oleh air kapur sehingga biogas yang di peroleh dapat dibakar dengan hasil panas yang tinggi. Biomassa adalah segala jasad mahkluk hidup yang di gunakan untuk menghasilkan energi bila di bakar, yaitu berupa sampah – sampah organik sebagai sisa – sisa produksi pertanian. Pengambilan energi dari biomassa prinsip nya adalah membakar biomassa itu dalam tungku pembakar, Panas yang timbul digunakan untuk menggerakan turbin Uap,selanjut nya turbin Uap dapat mengerakan Generator listrik. Usaha manusia untuk mencari energi penganti minyak bumi seperti yang baru di uraikan di atas hanyalah merupakan salah satu alternatif bagi manusia untuk dapat mempertahan kan eksitensi nya di muka bum, Kita mengetahui bahwa minyak bumi merupakan sumber daya yang sangat penting bagi kehidupans ehari – hari, Namun kita mengetahui juga bahwa sumber daya alam itu tidak dapat diperbaharui dan jumlahnya pun terbatas, sehingga manusia perlu berusaha mencari sumber energi lain bila inggin tetap mempertahan kan eksitensinya di masa yang akan datang Masalah lain yang sangat vital adalah masalah pengunaan teknologi maju yang baru saja dibahas dalam bab dimuka , yaitu pengunaan energi nuklir yang maha dahysad itu, keuntunganya sangat besar. Semua manusia dimuka bumi ini bertanggung jawab atas kelestarianya yang berarti eksistensi manusia ditentukan oleh manusia sendiri, salah satu cara yang palin ampuh membatasi laju pertumbuhan penduduk.Beberapa Ahli memandang masalah lingkungan hidup yang sebenarnya adalah termasuk kependudukan dan sebaliknya Lingkungan hidup itu termasuk hubungan antara manusia dengan lingkungan nya, baik biotik maupun Abiotik. kunci pokok untuk memahami permasalahanlingkungan hidup adalah pemahaman akan konsep – konsep ekosistem, tentang hal ini kita dapatmembaca kembali. Lingkungan fisiknya adalah bumi kita ini maka semuanya tergantung padaprilaku manusia itu sendiri, baik terhadap lingkungan fisiknya maupun lingkungan masyarakatatau bangsa–bangsa di dunia bukan dari segi kepentingan manusia tetapi dari segi keseimbangan alam agar eksetensi manusia terjamin. Keunggulan ilmu Alamiah dan teknologi dalam bidang.
komunikasi sebenar nya tergantung pada manusia itu sendiri yang berada atau yang menguasai alat itu, dengan satelit buatan orang dapat menyalah gunakan nya untuk maksud –maksud jahat.Dengan alat pengindra jarak jauh dapat dilihat segala sesuatu yang berada di perut bumi, misalnya adanya cadangan minyak, uranium dan sebagainya dari uraian di atas yang penting adalah moral manusia, karena moral itu menentukan langkah – langkah manusia kearah yang baik atau buruk.

Sumber Referensi :
Jasin Maskoeri, 2009, “Ilmu Alamiah Dasar”, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar