Kamis, 18 Oktober 2012

Ilmiah Dasar


1. Definisi Filsafat, Ilmu pengetahuan, dan Pengetahuan

Definisi  Filsafat yaitu :
                                                                                                                            
Filsafat adalah istilah kata yang berasal dari bahasa yunani, yaitu philosophia. yang terdiri dari dua kata yaitu philo,philos,philein yang mempunyai arti cinta/mencinta dan Sophia yang berarti kebijakan,hikmah, hakikat kebenaran. Jadi istilah filsafat adalah cinta pada kebijaksanaaan atau kebenaran yang hakiki. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan. Filsafat dalam arti praktis yaitu sebagai pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Perlu ditambah bahwa definisi-definisi itu sebenarnya tidak bertentangan, hanya cara mengesahkannya saja yang berbeda.

Definisi Ilmu Pengetahuan yaitu:
Cambridge-Dictionary-1995                                                                                                         Ilmu Pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai objek dan tujuan  tertentu dengan sistim, metode untuk berkembang serta berlaku universal yang dapat diuji kebenarannya. dengan pengertiannya bahwa ilmu pengetahuan adalah keseluruhan system pengetahuan manusia yang telah dibakukan secara sistematis

Definisi Pengetahuan yaitu :

Para ahli hingga kini masih memperdebatkan definisi pengetahuan, terutama karena rumusan pengetahuan oleh Plato yang menyatakan Pengetahuan sebagai “kepercayaan sejati yang dibenarkan (valid)” (“justified true belief”).
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui berkaitan dengan proses pembelajaran. Proses belajar ini dipengaruhi berbagai faktor dari dalam seperti motivasi dan faktor luar berupa sarana informasi yang tersedia serta keadaan sosial budaya (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003).

 

Persamaan dan Perbedaan Filsafat, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan

Untuk melihat hubungan antara pengetahuan, filsafat dan ilmu pengetahuan,ada baiknya kita lihat pada perbandingan antara pengetahuan, filsafat dan ilmu pengetahuan di bawah ini :
 Persamaan dan Perbedaan Antara Filsafat dan Pengetahuan
Persamaan:
  • Keduanya  memberikan pengertian mengenai hubungan atau koheren yang ada antara kejadian-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukan sebab-sebanya.
  • Keduanya hendak memberikan sintesis, yaitu suatu pandangan yang bergandengan.
  • Keduanya mempunyai metode dan sistem.
  • Keduanya hendak memberikan penjelasan tentang kenyataan seluruhnya timbul dari hasrat manusia (objektivitas), akan pengetahuan yang lebih mendasar.
Perbedaan:
   Filsafat berusaha mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban. mencari prinsip-prinsip    umum, tidak membatasi segi pandangannya bahkan cenderung memandang segala sesuatu secara umum dan keseluruhan sedangkan Pengetahuan adalah penguasaan lingkungan hidup manusia.
•  Filsafat hanya Bertugas mengintegrasikan ilmu-ilmu sedangkan pengetahuan dapat
       mengkajinya  sampai pada kebenaran melalui kesimpulan logis dari pengamatan empiris.

Persamaan dan Perbedaan antara Filsafat dengan Ilmu pengetahuan
Persamaan :
• Keduanya mencari rumusan yang sebaik-baiknya menyelidiki objek selengkap- lengkapnya       sampai keakar-akarnya.
• Keduanya memberikan pengertian mengenai hubungan atau koheren yang ada antara kejadian-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukan sebab-sebanya.
•  Keduanya  hendak memberikan penjelasan tentang kenyataan seluruhnya timbul dari hasrat manusia (objektivitas), akan pengetahuan yang lebih mendasar.
Perbedaan:
   Filsafat mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban. Mencari prinsip-prinsip umum, tidak membatasi segi pandangannya bahkan cenderung memandang segala sesuatu secara umum dan keseluruhan sedangkan  Ilmu pengetahuan adalah penguasaan lingkungan hidup manusia
    Filsafat bertugas mengintegrasikan ilmu-ilmu sedangkan Ilmu pengetahuan dapat sampai pada kebenaran melalui kesimpulan logis dari pengamatan empiris.

Persaman dan Perbedaan antara Pengetahuan dan Ilmu pengetahuan
Perbedaan :
     Pengetahuan itu merupakan milik atau isi pikiran manusia yang merupakan hasil dari proses usaha manusia untuk tahu. Sedangkan ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
          •  Perbedaan antara pengetahuan dengan ilmu pengetahuan adalah terletak pada konsep dari keduanya, pengetahuan lebih spontan sifatnya, sedangkn ilmu pengetahuan lebih sistematis dan reflektif.
           •  Pengetahuan jauh lebih luas dari pada Ilmu pengetahuan karena pengetahuan mencakup segala sesuatu yang diketahui manusia tanpa perlu berarti telah dibakukan secara sistematis. Pengetahuan mencakup penalaran, penjelasan tentang manusia mengetahui sesuatu,
Persamaan :
            •  Keduanya,  mempunyai kumpulan pengetahuan yang di benarkan.
  •  Keduanya,berkaitan dengan proses pembelajaran yang hendak memberikan penjelasan tentang kenyataan yang seluruhnya.
  •  Keduanya, mempunyai kebenaran melalui kesimpulan logis dari pengamatan empiris.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar