Kamis, 18 Oktober 2012


Ilmiah Dasar
2. Pengertian Mitos, Legenda dan Cerita Rakyat

A.Pengertian Mitos
Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos juga mengisahkan petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya. Dan ini adalah contoh-contoh mitos yang populer ditanah jawa, antara lain :
  1. Jangan duduk di pintu, Karena entar balik lamarannya.
  2. Kalo nyapu yang bersih, biar dapet istri cakep
  3. Jangan bangun tidur siang-siang, ntar rizkimu di patuk ayam
  4. Jangan tidur sehabis sholat subur, ntar kamu jadi bodoh
  5. Jangan pernah kencing di atas bara api entar kencingnya ga lancar (batu ginjal) 
  6. Jangan duduk di lawang depan pintu, ntar nongtot jodoh (susah dpt jodoh)
  7. Jangan makan sambil tidur, entar kepalanya membesar karena makanan akan langsung dicerna oleh otak tidak sampe ke lambung.
  8. Bagi perempuan jangan tidur tengkurap ntar susah dapet jodoh
  9. Bagi seorang anak jangan belajar sambil tengkurap, sama saja mendoakan orang tuanya menjadi pendek umur.
  10. Jangan kencing di kuburan ntar anu mu tak tenang
  11. Jangan duduk di atas bantal ntar banyak utang
  12. Jika ingin nahan buang air besar, ambillah batu kerikil dan simpan di saku celanamu yang sebelah kanan, ingat yang sebelah kanan! karena klo di sebelah kiri justru akan semakin memperparah keadaan, kotoran akan semakin terpacu untuk bergerak ke arah lubang anus. Jangan pernah mengganti batu kerikil dengan batu bata, karna kotoran justru akan berbalik arah yaitu : tidak lagi menuju ke arah anus melainkan menuju mulut..
Ini juga ada contoh mitos di Indonesia antara lain :
1. Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)
2. Cerita barong di Bali.
3. Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.
4. Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
5. Cerita Joko Tarub
6. Cerita Dewi Nawangwulan 
7. Dan lain sebagainya

Dari berbagai koleksi mitos jawa diatas, Anda boleh percaya atau sebaliknya. Semoga sedikit artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi kita dalam kehidupan ini.

B.  Pengertian Legenda
Legenda adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. Dan pengertian legenda juga mencangkup cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungkan dengan tokoh sejarah, telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya. Bila melihat dari Definisi Dan Pengertian Legenda maka Legenda dapat di bagi menjadi empat kelompok
.
Legenda ada empat kelompok sebagai berikut.
1) Legenda keagamaan
Di dalam legenda keagamaan banyak kita jumpai kisah-kisah para wali penyebar Islam, misalnya, Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar di Jawa, sedangkan di Bali dapat kita temui legenda tentang kisah Ratu Calon Arang.

2) Legenda kegaiban
Legenda ini berkisah tentang kepercayaan rakyat pada alam gaib, misalnya kerajaan gaib orang Bunian di rimba raya Sumatra, kerajaan gaib Pajajaran di Jawa Barat, kerajaan gaib Laut Kidul di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan Si Manis Jembatan Ancol dari Jakarta.

3) Legenda perseorangan
 Legenda perseorangan menceritakan tokoh tertentu yang dianggap pernah ada dan terjadi, misalnya Sabai nan Aluih dan Si Pahit Lidah dari Sumatra, Si Pitung dan Nyai Dasima dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Rara Mendut dan Jaka Tingkir dari Jawa Tengah, Suramenggolo dari Jawa Timur, serta Jayaprana dan Layonsari dari Bali.

4) Legenda lokal
 Legenda lokal adalah legenda yang berhubungan dengan nama tempat terjadinya gunung, bukit, danau, dan sebagainya. Misalnya, legenda terjadinya Danau Toba di Sumatra, Sangkuriang (legenda Gunung Tangkuban Parahu) di Jawa Barat, Rara Jonggrang di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Ajisaka di Jawa Tengah, dan Desa Trunyan di Bali.


C. Pengertian Cerita Rakyat
Merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya sesuatu yang ada dimuka bumi ini. Cerita rakyat juga mengisakan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh- tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia,maupun dewa.  salah satu contoh kisah rakyat yakni tangkuban perahu sebagai perwujudan kemarahan sangkuriang yang telah gagal dalam mewujudkan calon pinangannya yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Kisah bawang merah dan bawang putih yang telah kita kenal sejak dahulu dapat menjadi salah satu contoh dalam hal ini.
  • Jagoan Tulen ( si jampang)
  • Si Pitung
  • Timun Mas
  •  Mirah dari marunda
  • Murtado Macan Kemayoran
  • Juragan Boing
  • Nyai Dasimah  
Sumber referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar