Kamis, 18 Oktober 2012


Peranan Berbahasa indonesia di Tengah Globalisasi

 Menurut pendapat saya pengertian Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia  dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Di zaman era globalisasi saat ini, penggunaan bahasa Indonesia sudah mulai menghilang, karena semakin majunya zaman  serta semakin berkembangnya suatu negara, dan akan menimbulkan  suatu pembiasan bahasa. Dari bahasa baku berubah kebiasaan menjadi bahasa  gaul atau bahasa “slengean”. Contohnya: Bahasa elu gue ,bahasa SMS yang kata-katanya disingkat-singkat, bahasa “alay” yang menggunakan kosa katanya berlebihan yang membuat orang awam harus sedikit mengerutkan keningnya jika sedang membacanya. Biasanya bahasa-bahasa yang sudah benar susunannya menjadi tidak terarah,yaitu dengan semakin jarangnya kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Maka bahasa kita dapat terkontaminasi atau tercampur dengan bahasa-bahasa  asing, yang masuk melalui perkembangan zaman yang memaksa kita untuk semakin cepat mengikuti perkembangan zaman. Dan dalam era globalisasi ini, jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan dimasyarakatkan oleh setiap warga negara Indonesia.
Hal ini diperlukan agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh dan budaya asing. Pengaruh dari luar atau pengaruh asing ini sangat besar kemungkinannya terjadi pada era globalisasi ini. Sudah  tentu hal ini akan  menyangkut tentang kedisiplinan berbahasa nasional, yaitu pematuhan aturan-aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia dengan memperhatikan situasi dan kondisi pemakaiannya. Dengan kata lain, pemakai bahasa Indonesia yang berdisiplin adalah pemakai bahasa Indonesia yang patuh terhadap semua kaidah atau aturan pemakaian bahasa Indonesia yang sesuai dengan situasi dan kondisinya.
                Zaman era globalisasi saat ini merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk dapat mempertahankan diri di tengah-tengah pergaulan antarbangsa yang sangat pesat. Untuk itu, bangsa Indonesia harus mempersiapkan diri dengan baik dan penuh perhitungan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah masalah jati diri bangsa yang diperlihatkan melalui jati diri bahasa. Jati diri bahasa Indonesia memperlihatkan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang sederhana, mudah dipelajari, dan tidak rumit. Kesederhanaan dan ketidakrumitan inilah salah satu hal yang mempermudah bangsa asing ketika mempelajari bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi ciri budaya bangsa Indonesia yang dapat diandalkan di tengah-tengah pergaulan antarbangsa pada era globalisasi ini.
Suatu kenyataan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di negara kita ini, sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari perkembangan itu ,maka perlu diimbangi oleh bahasa yang mampu mewadahinya serta yang mampu meneruskan ilmu pengetahuan dan teknologi ini,baik secara horisontal (kepada generasi yang sama), maupun secara vertikal (kepada generasi yang akan datang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar